EXO, Melihat Keberhasilan Mereka Melalui Lagu “Wolf”
Fans K-pop sekarang memiliki alasan lain untuk bersemangat: boy band baru bernama EXO.
Grup dengan 12 member yang telah bekerja di dua subunit – EXO M dan
EXO K – sejak tahun lalu namun akhirnya bersatu kembali untuk
menampilkan diri secara keseluruhan pada awal bulan ini.
Album pertama grup ini termasuk lagu andalan mereka, “Wolf” yang
terjual 300.000 copy melalui preorder bahkan sebelum tanggal rilis
resmi, telah menempati peringkat No. 1 di chart penjualan album selama
dua minggu berturut-turut.
“Impian kami adalah untuk mendapatkan posisi no.1 di program musik,” kata para member kepada JoongAng Ilbo, seperti dikutip Korea JoongAng Daily, pada 12 Juni lalu.
Mimpi mereka segera menjadi kenyataan ketika grup ini menempati
posisi no. 1 di KBS “Music Bank”, SBS “Inkigayo”, dan MBC “Show! Music
Core “pada pertengahan Juni berkat perhatian tak berujung dari fans yang
mendorong cowok-cowok ini mencapai puncak.
Fans telah lama menunggu penyatuan grup ini. Sejak member-member
terkumpul di SM Entertainment lebih dari 100 hari pada tahun 2011, para
member dibagi menjadi dua kelompok terpisah untuk debut di Cina dan
Korea.
EXO-M, yang mencakup empat anggota Cina, memulai debutnya di China,
sementara EXO-K terfokus pada Korea. Mereka memulai debutnya pada hari
yang sama.
Strategi ini membantu EXO menghindari kritik di Cina selama ekspansi Hallyu.
“EXO M telah berusaha keras untuk diakui sebagai sebuah kelompok lokal“, kata Kris, salah satu membernya.
Bagian yang paling menarik mata dalam album pertama grup ini adalah
penampilan mereka, bukan musik. Gerakan tarian 12 member yang
terkoordinasi mengikuti tradisi SM Entertainment, yang dikenal karena
training intens dan disinkronisasi.
“Kami adalah grup yang berfokus pada penampilan“, kata Suho. “Aku
suka title track kami karena dapat menunjukkan keahlian pertunjukkan
kami dengan sangat baik, dan aku merasa puas kami memiliki koreografi
untuk memaksimalkan kekuatan kami.“
Xiumin mengatakan alasan dia memilih SM adalah karena agensi ini berfokus pada penyajian pertunjukan bukan hanya musik.
Agensi ini juga telah mencoba untuk membuat semacam mitos seputar
kedatangan grup baru, karena istilah yang digunakan untuk nama mereka,
“exoplanet” yang berarti planet di luar tata surya.
Meskipun para member mengatakan bahwa itu cerita fiksi, mereka
menyebutnya titik awal yang baik dimana mereka bisa menarik minat fans.
Mereka juga mengungkapkan harapan mereka untuk tinggal di industri hiburan untuk waktu yang lama. “[Aku] ingin berada di panggung global dan mencapai sejauh mungkin [yang aku ] bisa sebagai penyanyi“, kata Chen.
Article by: Lee Kyong Hee @ Korea Joongang Daily
Translate to Indonesian by: lollichocho@koreanindo.net
Posted by : Chachakoreanlovers
Tidak ada komentar:
Posting Komentar